Penjelasan Lengkap tentang ROOT ANDROID

12.15
Assalamualaikum wr. wb.

Bagi sobat yang masih awal dalam sistem operasi android mungkin dibingungkan dengan istilah Root. Teman-teman saya banyak yang bertanya ; "Haikal, ROOT itu apa ??". Dari banyaknya pertanyaan itu Haikal posting Penjelasan Lengkap tentang ROOT ANDROID agar pembaca lainnya bisa mengerti sedikit tentang OS Android..


Penjelasan Lengkap tentang ROOT ANDROID

Ketika kita gagal menginstal aplikasi tertentu, kemudian muncul peringatan bahwa hp android kita belum diroot. atau hp harus diroot terlebih dahulu agar bisa menginstal aplikasi.


Baca juga: Pengertian Lengkap ROM, Firmware, dan Flashing


PENJELASAN ROOT ANDROID
Root Android adalah proses pemberian hak akses penuh (tak terbatas) terhadap pengguna untuk dapat mengakses sistem OS Android dalam mode super user, dengan begitu user dapat melakukan Kustomisasi baik itu tuning performa OS, mengubah, bahkan menghapus apa saja yang ada pada sistem Android itu sendiri. Ibaratnya Android itu Rumah , Root itu Kuncinya. Kalau android sudah DIROOT maka kita bisa masuk kedalam rumah tersebut , karena Kuncinya kan sudah ada kan.

FUNGSI ROOT ANDROID
Fungsi root pada android adalah untuk memberi hak akses penuh bagi pengguna hp android agar bisa masuk ke sistem dasar androidsob. melalui root, pengguna dapat menambah, mengurangi maupun memodifikasi file-file atau data-data yang terletak pada sistem Android yang bila dalam keadaan standar (belum root) file-file tersebut tidak dapat di akses. Dan juga bisa menghack game, pembelian item gratis, ganti ROM dan masih banyak lagi


Kenapa android tidak diroot dari pabrik ya ?
Seperti yang telah kita ketahui bahwa secara default atau bawaan pabrik, hampir seluruh smartphone android yang tersebar di dunia ini masih dalam kondisi unroot atau tidak diroot. Mengapa ya ? Berikut ini alasannya mas :

1. Untuk Menjaga System Files Android
Sistem operasi tersususn dari banyak system filse, dengan rooting akan membuka semua sistem keamanan sehingga pengguna bisa mengutak-atik semua file yang ada di sistem sekalipun. tentu saja hal ini akan sangat berbahaya apabila pengguna awam yang melakukannya. OS android yang terinstal pada smartphone tidak sesederhana windows pada komputer yang bisa dengan mudah diinstal ulang. Ketika system files pada android terhapus maka android tidak akan bisa berjalan semestinya bahkan kemungkinan terburuk handphone tidak bisa digunakan. Untuk menghindari hal tersebut, maka root pada android tidak dibuka secara biasa.

2. Untuk Kepentingan Penyedia layanan
Apabila kita membeli smartphone Android dalam paket bundling dengan operator tertentu, smartfren misalnya, maka biasanya akan ada beberapa aplikasi buatan operator tersebut yang tidak bisa dihapus. Hal tersebut tentu saja sengaja dilakukan oleh operator itu untuk kepentingan mereka seperti promosi produknya.

Baca juga: Sejarah Android


Kelebihan Root Android
Dengan me-ROOT Android kita ada kelebihannya kok, ini dia mas :

1.Mendapatkan Hak Akses Super User
   Sebagai pemilik Android kita tidak ingin penjelajahan kita pada Android terhenti karena Hak Akses dibatasi, dengan melakukan Root kita dapat leluasa melakukan utak-atik pada Android. misalkan mengganti isi file build.prop

2.Dapat Meningkatkan Performance SmartPhone
   Mungkin ada yang tidak percaya dengan yang satu ini, tapi telah Haikal buktikan sendiri bahwa Root Android dapat meningkatkan Performa pada Android, dengan Root Android pengguna dapat meningkatkan kemampuan Processor pada Android anda. misalkan menambahkan tweak, CPU Governor , Swap RAM.

3.Hak untuk memindahkan Aplikasi ke SDCARD
   Mungkin jika anda pernah mencoba memindahkan Aplikasi kedalam SDCARD dalam keadaan belum di Root pasti akan muncul Notifikasi “Failure/Failed”. Namun jika sudah di Root, tidak akan ada lagi yang dapat menghentikannya, karena kita sudah mendapatkan Hak Akses penuh. Untuk memindahkan Aplikasi ke SDCARD bisa menggunakan Aplikasi yang bernama Link2SD.

4. Lebih Mengatahui Seluk-Beluk Android
    Secara sadar atau tidak kita sudah menambah ilmu serta pengalaman dalam menjelajahi manisnya Android, karena dengan melakukan proses root kita dituntut untuk menelusuri bagian dalam dari tubuh Android itu sendiri.

5. Bisa mengubah ROM dalam Android tersebut
    Pernah lihat smartphone Smartfren tapi kayak Samsung kan ? hahahah itu hp saya sendiri sob. Dengan ROOT kita bisa mengubah ROM Androidnya , Oprek System.ui, Oprek Framework dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Apa itu Factory Reset Protection (FRP) ???


Kekurangan Root Android
Root memang ada kelebihannya , tetapi pasti ada kekurangannya kan. Mari kita simak kekurangannya mas :

1. Garansi Android Anda Hilang
    Android yang sudah di Root memang menyenangkan, tapi sebagai konsekuensinya garansi pada Android kita harus musnah. Kenapa begitu? Karena dengan melakukan Root, kita sudah tidak menggunakan pengaturan bawaan pabrik yang sudah dibuat sedemikian rupa. Jadi coba pikir-pikir dulu sebelum melakukan Root, Bahaya kalo Android kita tidak ada garansinya kan, kalo anda seperi saya sendiri nekat gk papa coba root ^_^

2.Masalah Keamanan Pada Android
   Melakukan Root Android ibarat memecat semua satpam yang ada pada Android kita. Tapi meskipun begitu, sekarang sudah banyak Vendor Antivirus ternama yang sudah menyusup kedalam perangkat Android seperti, Avast, AVG, 360 Security PRO yang bisa kita gunakan untuk menambal keamanan yang sempat hilang.

3. Bisa mengakibatkan BOOTLOOP dan HARDBRICK
    Kalo sobat suka oprek oprek hp sobat, pastinya tau kan dampak kalo salah meng-oprek filenya, Ya tentu saja bisa mengakibatkan BOOTLOOP. Dan kalau sobat mengganti rom yang tidak sesuai dengan hp sobat maka akan terjadi HARDBRICK. Tapi tenang semua permasalahannya bisa diatasi dengan cara Flashing Android, TF UPDATE, Dan lain lain.

Cuman segitu aja teman postingan yang bisa Haikal informasikan kepada kalian.
JANGAN LUPA Like dan Komentar nya ya agar blog saya bisa berguna bagi anda
SEMOGA BERMANFAAT ^_^
Terima Kasih atas kunjungannya

Wassalamualaikum wr.wb

Artikel Terkait

Previous
Next Post »