Perbedaan 4G LTE FDD, TDD dan LTE Advanced

20.32
Assalamualaikum wr.wb

Pada kali ini Haikal akan memberi sedikit informasi tentang Perbedaan 4G LTE FDD, TDD dan LTE Advanced. Mulai tahun 2016 ini merupakan tahun boomingnya layanan jaringan 4G di Indonesia.
Ya, jaringan generasi keempat ini memang dicari-cari oleh konsumen, karena kecepatan internetnya tidak diragukan lagi.

Saat mencari spesifikasi Smartphone terkadang kita sering kali mendengar tentang teknologi 4G FDD, TDD, dan LTE Advanced, lalu apa sebenarnya perbedaan dari teknologi tersebut? langsung saja kita lihat yuk!
Perbedaan 4G LTE FDD, TDD dan LTE Advanced

4G LTE FDD

Kebanyakan operator seluler GSM seperti Telkomsel, XL Axiata, dan Indosat saat ini masih menggunakan teknologi LTE FDD. Teknologi FDD sendiri berjalan pada dua frekuensi yang berbeda, yakni pada frekuensi 800MHz dan 1800MHz. Menggunaakn teknologi ini memiliki kelebihan pada keseimbangan antara upload dan download, karena masing-masing berjalan pada frekuensi yang berbeda. Cara kerja FDD sendiri diklasifikasikan sebagai sistem full duplex. Ini berarti bahwa baik upload dan download selalu tersedia. Karena FDD menggunakan dua saluran yang berbeda untuk mengunduh dan mengunggah data.

Baja juga: Cara Gampang Edit Foto Kepala Naruto pake Android

4G LTE TDD 

Sedangkan teknologi TDD sendiri diklasifikasikan sebagai sistem setengah duplex dan berada pada frekuensi 2.300MHz yang memiliki karakteristik sangat cepat ketika memberi akses unduh (download). Namun untuk kecepatan akses unggah (upload) cenderung lemah atau lambat. Hal ini disebabkan karena proses mengirim dan menerima data terjadi pada frekuensi yang sama, tetapi masing-masing hanya berlangsung sepersekian detik, bergantian antara keduanya dan tidak begitu terasa. Teknologi TDD sendiri sangat cocok untuk data yang dikirimkan secara asimetris, misalnya untuk browsing internet, video surveillance atau broadcast.

4G LTE Advanced 

LTE Advanced atau yang sering disebut 4G+ merupakan pengembangan lanjutan dari teknologi LTE yang memungkinkan jaringan memiliki pencapaian coverage area yang lebih luas, lebih stabil dan lebih cepat.
Dengan menggabungkan LTE FDD dan TDD, layanan 4G LTE Advanced mencakup semua layanan 4G LTE yang berlaku di Indonesia, yakni pada frekuensi 900MHz hingga 2300MHz. Dengan menggunakan layanan yang sudah dikembangkan ini, akses data akan meningkat. Jika menggunakan 4G LTE biasa kecepatan transfernya antara 10-100Mbps. Sedangkan jika menggunakan LTE Advanced, kecepatan transfer data mencapai 100-300Mbps.

Cuman segitu aja postingan yang bisa Haikal informasikan kepada kalian.
Jangan lupa like dan komentar nya ya agar blog saya bisa berguna bagi anda
Semoga bermanfaat ^_^
Terima Kasih atas kunjungannya

Wassalamualaikum wr.wb.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »