Pengertian Kabel Coaxial, UTP, STP, dan Fiber Optic

10.52
Assalamualaikum wr.wb

Pada artikel kali ini Haikal akan share Pengertian Kabel Coaxial, UTP, STP, dan Fiber Optic.
Kabel merupakan jalur untuk memindahkan data dari satu perangkat ke perangkat yang lainnya. Naah didalam dunia perkabelan teknologi nih mas/bak ada beberapa macam kabel yang digunakan pada jaringan local (LAN).

Pengertian Kabel Coaxial, UTP, STP, dan Fiber Optic - MH Blog


Suatu jaringan dapat menggunakan satu jenis kabel ataupun lebih dari satu jenis kabel. Pemakaian kabel harus disesuaikan dengan topologi jaringan, protocol, ukuran serta medannya.

Baca juga :


Berikut Haikal jelaskan 4 kabel dalam dunia teknologi, yuuuk simak mas/mbak :


Coaxial Kabel 

Coaxial hanya memiliki satu konduktor yang berada di pusat kabel. Kabel ini juga memiliki lapisan plastic yang berfungsi untuk pembatas konduktor dengan anyaman kabel yang ada layer berikutnya. Metal shield (anyaman kabel) berfungsi untuk membantu mencegah inrferensi alat elektronik yang menimbulkan interferensi.

Pengertian Kabel Coaxial, UTP, STP, dan Fiber Optic - MH Blog
Ada dua jenis kabel coaxial :


  1. Thin Coaxial yang biasa disebut thinnet atau biasa dikodekan 10Base2. Angka 2 menandakan bahwa jarak maksimum hubungan antara perangkat yang satu dengan yang lain menggunkan kabel iniadalah 200 meter. Tetapi kenyataanya jarak maksimum hanya berkisar 185 meter saja. 
  2. Thick Coaxial yang biasa disebut thicknet atau dikodekan dengan 10Base5 memiliki jarak maksimum 500 meter. Thicknet memiliki pembungkus ekstra tebal  yang membantu menjaga kondisi permukaan kabel.
Konektor yang digunakan pada kabel coaxial adalah konektor BNC (BayoneNeill-Concelman). Konektor BNC terdiri dari T-connector, barrel dan terminator.


Unshielded Twisted Pair (UTP)

Twisted Pair memiliki dua jenis mas/mbak yaitu Shielded dan Unshielded.

Pengertian Kabel Coaxial, UTP, STP, dan Fiber Optic - MH Blog

Unshielded Twisted Pair (UTP) merupakan kabel yang umum dan sering digunakan pada jaringan lokal (LAN). Kabel UTP terdiri atas 8 wire yang ditandai dengan 8 warna berbeda, dibuat menjadi 4 pasang wire yang dibungkus sebuah jaket pengaman. Masing - masing pasangan kabel tersebut saling melilit antara satu wire dengan wire lainnya naah alasan inilah kabel ini dipanggil twisted pair.

Pas Haikal sekolah nih kabel UTP yang banyak digunakan untuk Local Area Network adalah UTP Category 5 terutama kategori 5e. Untuk menghubungkan satu peralatan jaringan dengan peralatan yang lain, maka pada dua ujung kabel UTP tersebut diberikan konektor UTP atau yang lebih dikenal sebagai RJ-45.

Konektor RJ-45 memiliki 8 port yang sesuai dengan jumlah wire di dalam jaket UTP nih mas/mbak. Kedelapan wire tersebut harus dimasukkan ke dalam port-port RJ45 dan harus dikunci agar tidak terlepas. Untuk penguncinya diperlukan alat yang disebut Crimping Tool.

Shielded Twisted Pair (STP)

Nah sekarang membahas saudaranya UTP nih, yaitu STP


Pengertian Kabel Coaxial, UTP, STP, dan Fiber Optic - MH Blog

Pada dasarnya kabel ini sama dengan UTP hanya saja STP memiliki pembungkus yang lebih kuat mas/mbak. Sehingga kabel ini sangat cocok digunakan untuk konfigurasi kabel outdoor. Shielded twisted pair lebih sering digunakan untuk jaringan dengan topologi ring.

Kabel Optik (Fiber Optic)

Fiber optik memiliki inti kaca yang dilindungi beberapa layer pelindung. Dengan pengiriman yang menggunakan sinar, maka interferensi sangat minim sekalai.  Fiber optik memiliki jarak yang lebih jauh daripada twisted pair dan coaxial. Kabel ini juga memiliki kecepatan dalam pengiriman data. Fiber optik mempunya kode standar 10BaseF.

Pengertian Kabel Coaxial, UTP, STP, dan Fiber Optic - MH Blog

Fiber optik memiliki dua mode transmisi, single mode dan multi mode. Untuk mode transmisi single menggunakan sinar laser sebagai media transmisi data sehingga mempunyai jangkauan yang lebih jauh. Sedangkan multi mode menggunakan LED sebagai media transmisinya sehingga jangkauannya tidak terlalu jauh dibandingkan single mode yang menggunakan sinar laser wuuuh keren kan mas/mbak, dan saat ini banyak provider yang sudah mengaplikasikan kabel ini.


Cuman segitu aja teman postingan yang bisa Haikal informasikan kepada kalian.
JANGAN LUPA Like dan Komentar nya ya agar blog saya bisa berguna bagi anda
SEMOGA BERMANFAAT ^_^
Terima Kasih atas kunjungannya

Wassalamualaikum wr.wb

Artikel Terkait

Previous
Next Post »